Riset  

Role Model Memacu Minat Siswa dalam Ilmu Komputer

Role Model Memacu Minat Siswa dalam Ilmu Komputer. Panutan itu penting untuk menginspirasi minat - Artikel Pendidikan dan Kajian Islam
Ilustrasi gambar [Foto: gallup.com]

Artikel Pendidikan – Role Model Memacu Minat Siswa dalam Ilmu Komputer

Penelitian yang baru dirilis yang dilakukan oleh Gallup, bekerja sama dengan Amazon Future Engineer , menegaskan bukti anekdot dan kualitatif yang telah lama dipegang bahwa panutan itu penting untuk menginspirasi minat serius siswa dalam karir ilmu komputer. Studi ini menemukan bahwa siswa AS di kelas lima hingga 12 yang sangat setuju bahwa mereka memiliki panutan dalam ilmu komputer lebih dari 10 kali lebih mungkin daripada mereka yang sangat tidak setuju untuk mengatakan bahwa mereka berencana untuk mengejar karir seperti itu — 73% vs. 7%, masing-masing.

Ketertarikan siswa pada ilmu komputer, keyakinan bahwa mereka dapat menguasainya, dan rencana untuk terlibat dengannya di perguruan tinggi dan seterusnya, semuanya sangat terkait dengan kehadiran panutan dalam kehidupan mereka. Delapan puluh persen dari mereka yang sangat atau agak setuju bahwa mereka memiliki panutan ilmu komputer tertarik untuk mempelajari topik tersebut, dibandingkan dengan 43% dari mereka yang sangat atau agak tidak setuju.

Baca Juga:  Teknologi Terbaik Menghasilkan Hasil Belajar yang Lebih Baik

Apakah Anda tertarik untuk belajar tentang ilmu komputer?
Ya, tertarikTidak, tidak tertarik
%%
Siswa yang setuju bahwa mereka memiliki panutan dalam ilmu komputer8020
Siswa yang tidak setuju bahwa mereka memiliki panutan dalam ilmu komputer4357
Studi Siswa Amazon Future Engineer/Gallup, 2021

Hubungan antara panutan dan aspirasi ilmu komputer ini konsisten di antara siswa di setiap jenis kelamin, ras/etnis, dan kelompok pendapatan rumah tangga.

Sebagian Besar Siswa Setuju Bahwa Mereka Memiliki Teladan Ilmu Komputer – Role Model Memacu Minat

Penelitian pada 2-20 Juni 2021 terhadap lebih dari 4.000 siswa kelas lima hingga kelas 12 menemukan 53% siswa AS setuju bahwa mereka memiliki panutan di bidang ilmu komputer.


Silakan menilai tingkat persetujuan Anda dengan pernyataan berikut: Saya memiliki panutan dalam ilmu komputer.
Sangat setuju26%
Agak setuju27%
Agak tidak setuju21%
Sangat tidak setuju26%
Studi Siswa Amazon Future Engineer/Gallup, 2021

Enam puluh satu persen dari mereka yang telah mengambil kelas ilmu komputer di sekolah mengatakan mereka memiliki panutan di bidang itu, dibandingkan dengan 45% yang tidak mengambil kelas.

Baca Juga:  Delapan dari 10 orang Saudi ingin wanita mengemudi

Temuan ini termasuk di antara wawasan yang lebih rinci yang tersedia dalam laporan lengkap.

Lebih Sedikit Anak Perempuan, Siswa Pedesaan atau Kulit Hitam Memiliki Model Peran Ilmu Komputer

Namun, populasi tradisional yang kurang terlayani, termasuk siswa pedesaan, siswa kulit hitam dan perempuan, lebih kecil kemungkinannya dibandingkan rekan-rekan mereka untuk melaporkan bahwa mereka memiliki panutan dalam ilmu komputer.

Perbedaan terbesar adalah antara siswa pedesaan dibandingkan dengan siswa perkotaan. Hanya 15% siswa yang tinggal di daerah pedesaan sangat setuju bahwa mereka memiliki panutan ilmu komputer, dibandingkan dengan 46% siswa yang tinggal di kota besar. Kesenjangan dalam akses ke panutan ini kemungkinan terkait dengan perbedaan yang sesuai dalam akses ke kelas ilmu komputer, yang kurang umum di sekolah pedesaan, karena guru sering bertindak sebagai panutan ini.

Baca Juga:  Teknik Analisis Data Penelitian

Kehadiran Model Peran dalam Ilmu Komputer, oleh Urbanicity

Silakan menilai tingkat persetujuan Anda dengan pernyataan berikut: Saya memiliki panutan dalam ilmu komputer.
Sangat setujuAgak setujuAgak tidak setujuSangat tidak setuju
%%%%
Kota besar46261314
pinggiran kota19312228
Kota kecil14252833
Daerah pedesaan15212638
Studi Siswa Amazon Future Engineer/Gallup, 2021

Siswa Asia dan Kulit Putih lebih mungkin daripada siswa Hispanik untuk sangat setuju bahwa mereka memiliki panutan ilmu komputer, dan siswa kulit hitam adalah yang paling kecil kemungkinannya. Anak laki-laki 10 poin persentase lebih mungkin dibandingkan anak perempuan untuk melaporkan bahwa mereka memiliki panutan seperti itu.


Kehadiran Teladan dalam Ilmu Komputer, berdasarkan Ras/Suku dan Gender

Silakan menilai tingkat persetujuan Anda dengan pernyataan berikut: Saya memiliki panutan dalam ilmu komputer.
Sangat setujuAgak setujuAgak tidak setujuSangat tidak setuju
%%%%
siswa kulit putih29281923
siswa kulit hitam17282133
siswa Hispanik23262328
siswa Asia35242516
siswa laki-laki31272022
Siswi21282229
Studi Siswa Amazon Future Engineer/Gallup, 2021

Intinya

Studi Siswa Amazon Future Engineer/Gallup mendukung penelitian sebelumnya yang menyarankan bahwa panutan penting untuk menginspirasi minat siswa dalam ilmu komputer. Model peran memberikan cermin di mana siswa dapat melihat diri mereka saat ini dan masa depan, serta jendela ke bidang yang sangat penting untuk membantu mereka melihat kemungkinan yang dapat ditawarkannya kepada mereka.

= Advertisement =

Meskipun pentingnya model peran ilmu komputer jelas, ada ketidakadilan dalam akses ke salah satunya. Ketidakseimbangan ini sejalan dengan perbedaan lain dalam akses dan partisipasi dalam ilmu komputer di daerah pedesaan, untuk siswa yang secara historis kurang terwakili dan terpinggirkan, dan anak perempuan. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memberikan siswa visi karir dan untuk membantu mereka memahami aplikasi praktis dari bidang yang diminati ini yang tidak memiliki keragaman dalam angkatan kerjanya.

Artikel Pendidikan tentang Role Model Memacu Minat Siswa dalam Ilmu Komputer

= Advertisement =

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.