Menjadi Guru Profesional Sejati

Menjadi Guru Profesional Sejati
Guru profesional [Ilustrasi]

Sodikin.IDMenjadi Guru Profesional Sejati dibahas dalam situs Artikel Pendidikan dan Keislaman melalui kanal Pendidikan.

Menjadi seorang profesional sejati dalam bidang apa pun adalah hal yang memuaskan. Ketika kita melihat seorang profesional dalam aksi, itu seperti menonton karya seni. Mereka memancarkan pengetahuan, keterampilan, dedikasi untuk melakukan pekerjaan dengan baik, dan keyakinan bahwa mereka dapat melaksanakan tugas yang hilang dalam bakat yang lebih rendah.

Itulah tingkatan yang ingin kita semua capai dalam bidang pengajaran. Kita ingin menjadi profesional sejati dalam bidang spesialisasi kita, dan kita ingin para siswa kita menyadari profesionalisme kita.

Ketika seorang profesional berada di tempat, semua orang menjadi lebih rileks karena mereka tahu pekerjaan akan diselesaikan dengan benar. Dalam film Pulp Fiction, ketika para gangster membutuhkan bantuan karena ada pembunuhan, mereka memanggil Mr. Wolf. Dan Mr. Wolf dikenal sebagai orang yang selalu tahu apa yang harus dilakukan, bergerak cepat tetapi sopan seperti yang efisien, dan tahu bagaimana menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Ketika Mr. Wolf ada di tempat, masalahnya selesai sebaiknya.

Baca Juga:  Merdeka Belajar: Masyarakat harus saling membantu mewujudkannya

Jadi, bagaimana kita menunjukkan profesionalisme kita saat kita menjalani pekerjaan mengajar kita?

Berpakaian profesional

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pertama, kita berpakaian sesuai. Kita bangga dengan pakaian kita dan hadirkan diri kita kepada kelas kita setiap hari dengan pakaian yang mengatakan, “Saya datang siap mengajar, jadi Anda harus datang siap belajar.”

Bersiap dengan baik

Seorang profesional selalu tahu apa yang harus dilakukan baik dalam jangka panjang maupun sekarang. Itu berarti kita datang dengan persiapan. Rencana pelajaran kita sudah tersusun, ruangan kita sudah disiapkan, dan dokumen kita terorganisir sehingga kita tidak pernah harus berhenti dan merapikan diri saat kita sedang mengajar siswa.

Menjawab gangguan dengan tenang

Baca Juga:  Konsep Muamalah Manajemen Keuangan

Seorang guru profesional juga menanggapi gangguan dan bahkan gangguan dengan tenang karena kita sudah melihatnya sebelumnya dan tahu apa yang harus dilakukan. Tentu saja, mengembangkan sejarah dalam mengajar hingga kita benar-benar tahu apa yang harus dilakukan dalam setiap keadaan memerlukan waktu. Tetapi jika kita sudah benar-benar siap dalam segala hal, gangguan tidak akan membuat kita goyah karena kita dapat menghadapinya dan kembali ke pelajaran kita dengan lancar dan tenang.

Menjadi santai dan humoris

Produk dari menjadi sangat terorganisir dan sangat paham tentang apa yang tertulis dalam rencana pelajaran kita dan apa yang kita ajarkan adalah memberikan kita keyakinan yang tenang sehingga kita bisa bersantai dan bahkan humoris dengan siswa kita. Ketika siswa kita melihat kita tersenyum karena segala sesuatunya berjalan sesuai yang kita inginkan, mereka akan merespon dan terbuka kepada kita karena mereka merasakan kepercayaan diri kita dan mereka ingin melihat ke mana kita akan membawa mereka.

Baca Juga:  Sektor pendidikan harus menghasilkan SDM dengan keterampilan praktis

Kesimpulan

Menjadi guru profesional sejati adalah tentang menjadi seorang profesional dalam segala hal yang kita lakukan. Ini berarti berpakaian profesional, datang dengan persiapan, menjawab gangguan dengan tenang, dan menjadi santai dan humoris. Ketika kita melakukan semua hal ini, kita menunjukkan kepada siswa kita bahwa kita adalah profesional yang dapat dipercaya dan bahwa mereka dapat belajar dan tumbuh di kelas kita.

Demikian tulisan edukatif seputar Menjadi Guru Profesional Sejati yang dibahas dalam situs Artikel Pendidikan dan Keislaman melalui kanal Pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *