Pendidikan Inklusi Membuka Pintu Akses bagi Semua Generasi Muda

Pendidikan Inklusi Membuka Pintu Akses bagi Semua Generasi Muda - Situs Artikel Pendidikan dan Keislaman
Pendidikan Inklusi Membuka Pintu Akses bagi Semua Generasi Muda [Foto: Freepik]

Sodikin.IDPendidikan Inklusi Membuka Pintu Akses bagi Semua Generasi Muda dibahas dalam artikel situs artikel pendidikan dan keislaman ini melalui kanal Pendidikan.

Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan. Dengan semangat pendidikan inklusi, akses ke pendidikan diperluas bagi semua orang.

Sekolah Vokasi UGM berkolaborasi dengan Karier.mu dan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Kementerian Koordinator Perekonomian RI untuk mendorong pendidikan yang berkualitas dan inklusif.

Dalam diskusi ini, dibahas bagaimana mengatasi masalah dalam pendidikan modern dan menekankan pentingnya pembelajaran berkelanjutan. Kegiatan ini juga menjadi wadah untuk mengapresiasi pentingnya menciptakan pendidikan berkualitas yang inklusif dan aksesibel, sehingga setiap individu memiliki kesempatan untuk meraih potensi penuh mereka dan memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa.

Baca Juga:  Metode Pembelajaran Abad XXI yang Tepat untuk Pendidikan Dasar

Rangga Septyadi sebagai moderator menekankan bahwa inklusi berarti memberikan kesempatan yang sama dan tanpa diskriminasi bagi semua individu, termasuk mereka dengan kebutuhan khusus, kelompok minoritas, dan yang berada di wilayah terpencil. Sementara itu, aksesibilitas berfokus pada memastikan bahwa pendidikan dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat, termasuk mereka yang berada di daerah terpencil atau kurang mampu secara finansial.

“Dalam era globalisasi dan revolusi teknologi, pendidikan berkualitas harus menjadi hak semua orang. Partisipasi dari semua lapisan masyarakat dalam pembelajaran sepanjang hayat yang inklusif akan mewujudkan Indonesia yang kompetitif dan siap menghadapi perubahan zaman yang terus berlangsung,” ucapnya dikutip pada Sabtu (16/9/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sejalan dengan Rangga, Najelaa Shihab dari Karier.mu berpendapat bahwa pemanfaatan teknologi dan inovasi diperlukan untuk menciptakan aksesibilitas dalam pendidikan bagi semua kalangan masyarakat, terutama di Karier.mu dan ekosistem PT Semesta Integrasi Digital (SID). Teknologi, menurutnya, sangat penting untuk memberikan pelatihan kepada guru dan fasilitator dalam mewujudkan pendidikan berkualitas untuk semua.

Baca Juga:  Contoh Struktur Organisasi OSIS dan Tugas Lengkapnya

Sementara itu, Dekan Sekolah Vokasi UGM, Prof Dr-Ing Ir. Agus Maryono, dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa Sekolah Vokasi UGM sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasional terus berkomitmen mendukung pendidikan terapan berkualitas inklusif untuk semua. Hal ini sejalan dengan komitmen UGM sebagai kampus inklusif yang telah dituangkan dalam Renstra UGM 2022-2027.

“SV UGM menerima semua anak terbaik bangsa, baik dari daerah terluar, terdalam, terdepan, keluarga kurang mampu, dan juga difabel untuk mendapatkan pendidikan berkualitas,” ucapnya.

Demikian informasi edukasi seputar Pendidikan Inklusi Membuka Pintu Akses bagi Semua Generasi Muda yang dibahas dalam artikel situs artikel pendidikan dan keislaman ini melalui kanal Pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *