Riset  

Cara Membuat Latar Belakang Masalah dan Rumusan Masalah

Cara Membuat Latar Belakang Masalah dan Rumusan Masalah

Cara Membuat Latar Belakang Masalah dan Rumusan Masalah. Artikel Kang Sodikin kali ini membahas tentang latar belakang dan rumusan masalah penelitian. simak dan perhatikan dengan teliti.

Dalam melakukan penelitian, langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan latar belakang masalah dan merumuskan masalah yang akan diteliti. Latar belakang masalah merupakan dasar pemikiran yang melatarbelakangi kebutuhan untuk melakukan penelitian. Sedangkan rumusan masalah merupakan pertanyaan yang akan dijawab dalam penelitian.

Berikut adalah beberapa tips cara membuat latar belakang masalah dan rumusan masalah dalam penelitian:

  1. Tentukan Topik Penelitian Langkah pertama dalam membuat latar belakang masalah dan rumusan masalah adalah menentukan topik penelitian. Pilih topik yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Jika topik sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah mencari referensi atau literatur yang relevan dengan topik tersebut.
  2. Mencari Informasi Setelah topik penelitian ditentukan, langkah selanjutnya adalah mencari informasi tentang topik tersebut. Informasi bisa diperoleh melalui sumber-sumber seperti buku, jurnal, artikel, maupun internet. Pastikan informasi yang diperoleh berasal dari sumber yang terpercaya dan relevan dengan topik penelitian.
  3. Menentukan Latar Belakang Masalah:
    • Merupakan penjelasan tentang pentingnya penelitian yang akan dilakukan.
    • Harus mampu menjelaskan mengapa topik penelitian penting untuk diteliti dan bagaimana penelitian tersebut akan memberikan kontribusi pada pengetahuan atau solusi terhadap permasalahan yang ada.
    • Harus menjelaskan tentang kondisi atau situasi yang mendorong Anda untuk melakukan penelitian.
    • Harus memberikan gambaran tentang relevansi dan urgensi topik penelitian yang akan Anda teliti.
    • Juga harus menjelaskan secara singkat hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti lain dan menunjukkan gap atau kesenjangan dalam penelitian tersebut yang menjadi landasan untuk melakukan penelitian baru.
  4. Membuat Rumusan Masalah Rumusan masalah merupakan pertanyaan yang akan dijawab dalam penelitian. Rumusan masalah harus spesifik, jelas, dan dapat dijawab melalui penelitian yang akan dilakukan. Rumusan masalah harus mencakup variabel-variabel yang akan diteliti dan hipotesis yang akan diuji.
  5. Mengidentifikasi Variabel Variabel adalah faktor yang mempengaruhi hasil dari penelitian. Identifikasi variabel harus dilakukan sebelum membuat rumusan masalah. Pastikan variabel yang diidentifikasi sesuai dengan topik penelitian dan dapat diukur dengan objektif.
  6. Menyusun Hipotesis Hipotesis adalah jawaban sementara dari rumusan masalah. Hipotesis harus berdasarkan literatur yang relevan dan dapat diuji melalui penelitian. Hipotesis harus spesifik dan jelas sehingga dapat diuji melalui metode penelitian yang sesuai.
  7. Membuat Kerangka Konseptual Kerangka konseptual adalah model teoritis yang menghubungkan variabel-variabel yang akan diteliti dengan hipotesis yang telah dibuat. Kerangka konseptual harus didasarkan pada teori yang relevan dengan topik penelitian.
Baca Juga:  Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Atau Riset

Dalam melakukan penelitian, latar belakang dan rumusan masalah sangat penting untuk menentukan arah dan tujuan dari penelitian yang akan dilakukan. Dengan membuat latar belakang masalah dan rumusan masalah yang baik, penelitian dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Dalam membuat latar belakang masalah dan rumusan masalah, pastikan Anda dapat menjelaskan secara singkat dan jelas tentang topik penelitian yang ingin Anda teliti. Latar belakang masalah dan rumusan masalah yang baik dapat memberikan arah yang jelas bagi penelitian Anda dan meningkatkan kualitas penelitian yang dilakukan. Selain itu, pastikan Anda selalu memperhatikan etika penelitian dan menghindari plagiat dalam menyusun latar belakang masalah dan rumusan masalah.

Baca Juga:  Delapan dari 10 orang Saudi ingin wanita mengemudi

Demikian Cara Menulis Latar Belakang dan rumusan Masalah bagi Anda yang belum memahami sepenuhnya tentang hal ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *