Islam  

5 Fakta Unik Azan

5-fakta-unik-azan

5 Fakta Unik Azan. Azan umumnya identik dengan pertanda masuk waktu shalat atau panggilan shalat bagi seluruh umat Islam. Namun, ternyata azan juga dikumandangkan ketika ada momen-momen tertentu.

Sebagai contoh, hari ini Jumat (22/3/2019) lalu, pasca terjadi penembakan di dua masjid di New Zealand, azan dikumandangkan di semua stasiun radio dan televisi sebelum dilaksanakan salat Jumat. Tentu saja hal ini menjadi salah satu fakta unik dan menarik bagi umat Muslim di New Zealand.

Berdasarkan pada penjelasan Ustadz Fauzan Amin, umat Islam umumnya mengumandangkan azan ketika berada pada waktu tertentu. SODIKIN.ID mengulasnya lebih jauh sebagaimana di bawah ini dan silahkan simak sejenak yuk!

Berikut ini 5 Fakta Unik Azan yang perlu diketahui:

Baca Juga:  Kajian Singkat Tentang Kejujuran

1. Sebagai panggilan salat

Firman Allah dalam surat Al-Jumu’ah ayat 9:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Dan juga sebagaimana yang tertera dalam surat Al-Maidah ayat 58:

“Apabila kamu menyeru (mereka) untuk (mengerjakan) sembahyang, mereka menjadikannya buah ejekan dan permainan. Demikian itu adalah karena mereka benar-benar kaum yang tidak mau mempergunakan akal.”.

2. Anak baru lahir

Setiap orangtua biasanya selalu tidak lupa untuk meng-azani buah hatinya yang baru saja lahir ke dunia. Azan dikumandangkan ke telinga sang bayi dengan makna khusus.

Baca juga: Kajian Islam tentang Ilmu Pengetahuan

Baca Juga:  Kajian Singkat Tentang Ikhlas

Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh HR Thabrani, Rasulullah melakukannya:

Dari Abi Rofi’ berkata dia, “Aku pernah melihat Nabi melakukan adzan pada telinga Al Hasan dan Al Husain Radhiyallahu ‘Anhuma.”.

3. Mengusir makhluk astral

Dalam Kitab Fathul Bari (6/414), Hadits yang diriwayatkan oleh Umar RA: dikeluarkan oleh Ibnu Abi Syaibah Rahimahullahu dan disahihkan sanadnya oleh Al-Hafizh Rahimahullahu :

“Sesungguhnya Ghilan disebut di sisi ‘Umar, maka ia berkata: “Sungguh seseorang tidak mampu untuk berubah dari bentuknya yang telah Allah ciptakan. Akan tetapi mereka (para setan) memiliki tukang sihir seperti tukang sihir kalian. Maka bila kalian melihat setan itu, kumandangkanlah azan.”

Yang dimaksud dengan Ghilan atau Ghul adalah setan yang selalu menyesatkan musafir yang sedang melakukan perjalanan di gurun (hutan/jalan).

Baca Juga:  Mentaati Rambu Lalu Lintas

4. Saat terjadi bencana

Pada saat manusia mengalami suatu bencana seperti ombak besar, angin puting beliung, hujan badai dan segala hal yang mencekam lainnya, azan juga umum dikumandangkan. Inti dari dikumandangkannya azan ini adalah berfungsi sebagai memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Baca juga: Nasehat Pernikahan

5. Untuk mayat sebelum masuk liang lahat

Sebelum menguburkan mayat, suara azan umum dikumandangkan. Meskipun mengumandangkan azan saat meletakkan jenazah di liang kubur terjadi khilafiyah. Akan tetapi sebagian umat Muslim menganggapnya sebagai amalan sunah. Dan memang untuk hal ini tidak ada dalil yang sahih.

Demikian info SODIKIN.ID tentang 5 Fakta Unik Azan.

Respon (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *