Riset  

Jenis dan Pendekatan Penelitian

Jenis dan pendekatan penelitian ada yang kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menggunakan filsafat postpositivisme/enterpretif sebagai landasan, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, peneliti sebagai instrumen kunci, teknik pengambilan data dilakukan dengan cara trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitiannya lebih menekankan makna daripada generalisasi.(1)

Sementara Moleong mendefinisikan penelitian kualitatif sebagai penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian seperti perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll., secara menyeluruh, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu kontek khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.(2)

Penelitian kualitatif termasuk jenis dan pendekatan penelitian yang menurut Sugiyono memiliki ciri-ciri sebagai berikut: (1) dilakukan secara intensif, (2) peneliti ikut berpartisipasi lama di lapangan, (3) mencatat secara hati-hati apa yang terjadi, (4) melakukan analisis reflektif terhadap berbagai dokumen yang ditemukan di lapangan, dan (5) membuat laporan penelitian secara mendetail.(3)

Sesudah membaca artikel tentang jenis dan pendekatan penelitiannanti, silahkan baca juga: Sumber-Sumber Pendapatan Sekolah/Madrasah

Baca Juga:  Sumber Data Penelitian atau Riset

Jika dilihat karakteristiknya,(4) penelitian kualitatif menurut Bogdan dan Biklen mempunyai karakteristik sebagai berikut:

a. Naturalistic. Qualitative research has actual settings as the direct source of data and the researcher is the key instrument.
(Bersifat natural. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang dilakukan dalam kondisi aktual atau alamiah, langsung ke sumber data dan peneliti merupakan instrumen kunci)

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

b. Descriptive Data. Qualitative research is descriptive. The data collected take the form of words or pictures rather than numbers.
(Data bersifat deskriptif. Pnelitian kualitatif bersifat deskriptif. Data yang terkumpul berupa kata-kata atau gambar, sehingga tidak menekankan pada angka)

c. Concern with Process. Qualitative researchers are concerned with process rather than simply with outcomes or products.
(Lebih konsen pada proses. Peneliti kualitatif lebih konsen pada proses daripada produk atau outcome)

d. Inductve. Qualitative researchers tend to analyze their data inductively.
(Induktif. Peneliti kualitatif lebih menekankan pada analisis secara induktif)

Baca Juga:  Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Atau Riset

e. Meaning. “Meaning” is of essential concern to the qualitative approach.
(Makna. Makna adalah konsen pokok dalam pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif lebih menekankan kepada makna atau data di balik yang teramati)

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan jenis penelitian penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan melalui pengamatan langsung ke lokasi yang dijadikan obyek penelitian yang berorientasi pada temuan atau gejala alami. Sedangkan berdasarkan sifatnya penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang datanya berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Data tersebut sangat mungkin berasal dari hasil wawancara, catatan lapangan, foto, video, dokumen pribadi, catatan atau memo, dan dokumen resmi lainnya.(5) Semuanya menggambarkan suatu kejadian atau penemuan dengan disertai data yang diperoleh di lapangan.

Setelah membaca artikel pendidikan dan penelitian seputar jenis dan pendekatan penelitian, baca juga: Konsep Pendidikan Gratis

jenis dan pendekatan penelitianBerdasarkan pendekatan, penelitian ini masuk pada penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Creswell menjelaskan bahwa penelitian studi kasus adalah penelitian yang penelitinya mengeksplorasi kehidupan nyata, kasus, melalui pengumpulan data yang detil dan mendalam yang melibatkan beragam sumber imformasi atau sumber informasi majemuk dan melaporkan deskripsi kasus atau tema kasus. (6)

Baca Juga:  Cara Membuat Latar Belakang Masalah dan Rumusan Masalah

Referensi lengkap untuk Jenis dan Pendekatan Penelitian:

  1. Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen, cet. III, (Bandung: Alfabeta, 2014), 347
  2. Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. 34, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2015), 6.
  3. Sugiyono, Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, Dan Disertasi, (Bandung: Alabeta, 2015), 231.
  4. Bogdan, Robert C., and Biklen, Sari Knopp,: Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, Fifth Edition (Boston: Pearson Education, 2012), 4-7. E-Book (diakses 9 September 2018)
  5. Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. 34, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2015), 11.
  6. Creswell, John W.. Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih Di Antara Lima Pendekatan, Terj. (Yogjakarta: Pustaka Pelajar, 2015), 135-136

Demikian artikel tentang jenis dan pendekatan penelitian, semoga bermanfaat.

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *