Sodikin Masrukin Pemerhati pendidikan, sosial-budaya dan kajian Islam yang tinggal di Kab. Purbalingga. Adalah alumnus IAIN Semarang (S1) dan IAIN Purwokerto (S2).

Sumber Data Penelitian atau Riset

Sumber data dalam penelitian adalah subjek dari mana data dapat diperoleh. Jika peneliti menggunakan kuesioner atau wawancara dalam proses pengumpulan data, maka sumber data tersebut merupakan responden. Responden adalah orang yang merespon atau menjawab pertanyaan peneliti, baik pertanyaan tertulis maupun lisan. Bilamana peneliti menggunakan teknik observasi maka sumber datanya dapat berupa benda, gerak atau proses sesuatu.

Sebagai contoh dalam penelitian yang pernah penulis lakukan adalah manajemen keuangan pendidikan gratis di MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga. Maka ada beberapa hal dan pihak yang dapat dijadikan sumber data penelitian.

Menurut Lofland dan Lofland (1984) dalam Moleong (2015) disebutkan bahwa sumber data utama dalam peneltian kualitatif ialah kata-kata dan tindakan, selebihnya adalah data tambahan seperti dokumen dan lain-lainnya. Jadi, kata-kata dan tindakan orang-orang yang diamati atau diwawancarai dijadikan sumber data utama dan dokumen atau sumber data tertulis lainnya sebagai data tambahan.(1)

Sumber data dalam penelitian atau riset adalah kata-kata dan tindakan yang diperoleh dari informan yang terkait dengan penelitian, selanjutnya dokumen atau sumber tertulis lainnya merupakan data tambahan. Adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian penulis pernah lakukan adalah:

  1. Kepala MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga, sebagai sumber informasi data secara menyeluruh mengenai kebijakan yang diterapkan dalam manajemen keuangan pendidikan gratis.
  2. Wakil Kepala MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga, yang meliputi bidang kurikulum, kesiswaan, humas, sarana dan prasarana, sebagai sumber informasi data secara menyeluruh terkait bidang yang menjadi tanggung jawabnya.
  3. Tenaga Pendidik, sebagai sumber informasi data secara menyeluruh mengenai dampak implementasi manajemen keuangan pendidikan gratis bagi kesejahteraan guru dan proses belajar mengajar (PBM).
  4. Tenaga Kependidikan MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga, khususnya yang membidangi keuangan, sebagai sumber informasi data secara menyeluruh mengenai implementasi manajemen keuangan pendidikan gratis dalam bidang administrasi keuangan.
  5. Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PD. Muhammadiyah Kabupaten Purbalingga, sebagai sumber informasi tentang kebijakan pendidikan Muhammadiyah secara umum di Kabupaten Purbalingga.
  6. Ketua OSIS, sebagai sumber informasi data secara menyeluruh mengenai kesungguhan pelaksanaan kebijakan pendidikan gratis dan minat bersekolah di MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga.
  7. Komite Sekolah/Madarsah sebagai sumber informasi data secara menyeluruh mengenai peran serta masyarakat dalam pembiayaan di MTs Muhammadiyah 1 Purbalingga.

Demikian tulisan singkat tentang sumber data penelitian atau riset.

Referensi sumber data penelitian atau riset:

  1. Moleong, Lexy J.. Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. 34, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2015), 157.
Sodikin Masrukin Pemerhati pendidikan, sosial-budaya dan kajian Islam yang tinggal di Kab. Purbalingga. Adalah alumnus IAIN Semarang (S1) dan IAIN Purwokerto (S2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *