PTK  

Penelitian tindakan kelas

Penelitian tindakan kelas, apa, mengapa dan bagaimana cara melakukan PTK? - Artikel Pendidikan dan Kajian Islam

Sodikin.ID – Penelitian tindakan kelas (PTK), apa, mengapa dan bagaimana melakukannya?

Dalam tulisan langkah demi langkah ini, kita melihat apa itu penelitian tindakan kelas (PTK) dan bagaimana memulainya.

Apa itu penelitian tindakan kelas?

Penelitian tindakan kelas dimulai dengan pertanyaan atau beberapa pertanyaan tentang pengalaman kelas, masalah, atau tantangan. Ini adalah proses reflektif yang membantu guru untuk mengeksplorasi dan memeriksa aspek pengajaran dan pembelajaran dan untuk mengambil tindakan untuk mengubah dan meningkatkan.

Mengapa melakukannya?

Ini membantu Anda untuk:

  • memperdalam pemahaman Anda tentang belajar mengajar
  • mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mengajar Anda
  • cobalah pendekatan dan ide yang berbeda
  • mengembangkan latihan reflektif
  • meningkatkan belajar siswa.

Bagaimana cara melakukannya

  1. Renungkan
    Bicaralah dengan rekan kerja Anda. Pertanyaan apa yang Anda miliki tentang mengajar? Topik apa yang Anda dan kolega Anda minati? Apakah ada area masalah, atau aspek pengajaran/pembelajaran yang Anda semua tidak yakin? Buat daftar. Dari daftar Anda, putuskan bersama topik untuk penelitian tindakan kelas. Untuk membantu Anda memutuskan, diskusikan mengapa Anda ingin melakukannya. Apa manfaatnya bagi guru dan peserta didik? Ketika Anda telah memutuskan, tulis satu atau dua pertanyaan tentang topik Anda yang akan memandu apa yang Anda lakukan.
  2. Jelajahi
    Renungkan pertanyaan topik Anda. Di mana Anda dapat menemukan informasi untuk membantu Anda merencanakan penelitian? Apakah Anda perlu berkonsultasi dengan materi yang diterbitkan atau Internet untuk informasi dan ide? Cari tahu sebanyak mungkin tentang topik tersebut untuk membantu Anda merencanakan bagaimana melakukan penelitian tindakan.
  3. Rencana
    Pikirkan tentang: berapa lama penelitian tindakan akan berlangsung? Bagaimana Anda akan merekam penelitian? Ada berbagai cara untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Hal ini dapat sesederhana hanya menuliskan refleksi Anda sendiri yang berkaitan dengan topik setelah pelajaran atau urutan pelajaran atau dapat mencakup kuesioner, observasi, rekaman audio dan sebagainya.
  4. Penelitian
    Lakukan penelitian tindakan dengan menggunakan metode yang Anda pilih. Beberapa idenya adalah:

    • Pengamatan sejawat
    • Buku harian guru
    • Umpan balik peserta didik
    • Evaluasi pelajaran
    • Merekam pelajaran
    • Merefleksikan pekerjaan peserta didik
    • Survei
      Pilih metode yang paling sesuai dengan pertanyaan topik Anda.
  5. Meneliti bersamaHal ini juga membantu untuk melakukan penelitian tindakan dengan rekan atau sekelompok rekan. Ini memberi Anda lebih banyak data untuk direnungkan, dibandingkan, dan didiskusikan.
  6. AnalisisTahap ini membantu Anda memahami data yang telah Anda kumpulkan dalam penelitian Anda. Ini adalah proses merefleksikan, mengatur dan meninjau data Anda untuk membantu Anda menjawab pertanyaan topik Anda. Apa yang Anda temukan? Wawasan apa yang Anda peroleh dari penelitian? Apa yang ditunjukkan oleh penelitian Anda?
  7. BertindakJika Anda telah melakukan penelitian tindakan kelas sendiri, bagikan hasil Anda dengan rekan kerja Anda. Renungkan hasilnya. Bagaimana hasilnya membantu Anda dan kolega Anda? Perubahan apa yang akan Anda semua buat?
  8. TinjauanPenting untuk meninjau dampak dari perubahan yang dilakukan. Seberapa sukses mereka? Apakah ada tindakan tindak lanjut yang diperlukan? Apakah ada perbedaan di antara rekan-rekan Anda?
Baca Juga:  Penelitian Tindakan Kelas: Karakteristik, Prinsip dan Model

Artikel Pendidikan dan Penelitian tentang Penelitian tindakan kelas (PTK), apa, mengapa dan bagaimana melakukannya?

= Advertisement =

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.