Islam  

Manfaat Puasa Asyura dan Keutamaannya

manfaat-puasa-asyura-dan-keutamaannya

Manfaat Puasa Asyura dan Keutamaannya menjadi tema kajian Islam kita kali ini. Sebentar lagi akan memasuki tahun baru hijhriyah. Berarti umat Islam akan berada di bulan Muharram dalam kalender Islam. Nah, pada tanggal 10 Muharram umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan puasa sunnah. Puasa tersebut dinamakan puasa asyura.

Hadits seputar Manfaat Puasa Asyura dan Keutamaannya

عَنْ أَبِي قَتَادَةَ، قَالَ: سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ، فَقَالَ: «يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ» . رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

Dari Abu Qatadah, ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya tentang puasa Asyura, maka beliau menjawab, “Ia dapat menghapuskan dosa satu tahun yang lalu.” (HR. Muslim)

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: «صَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ، فَقَالَ: «أَرَاءَيْتُ إِنْ قَدَّرْتُ عَلَى الْعَامِ الْمَقْبُوْلِ أَنْ أَصُوْمَهُ» . رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berpuasa Asyura, kemudian beliau bersabda, “Aku berharap dengan puasa ini akan menghapuskan dosa tahun yang lalu.” (HR. Muslim)

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «صِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ» . رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ.

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa hari Asyura, Aku berharap dengan Allah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «صَوْمُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ، أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ» . رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa Asyura, Aku berharap dengan Allah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim)

Baca Juga:  Kajian Tentang Kebaikan

Puasa Asyura adalah salah satu ibadah puasa yang dianjurkan dalam agama Islam. Puasa ini dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram, bulan pertama dalam kalender Hijriah. Selain menjadi puasa sunnah yang sangat dianjurkan, Puasa Asyura juga memiliki manfaat dan keutamaan yang penting bagi umat Muslim. Artikel ini akan menjelaskan tentang manfaat puasa Asyura dan mengungkapkan keutamaan yang terkait dengan ibadah ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Memperoleh Pahala yang Besar:

Puasa Asyura memiliki keutamaan khusus di mata Allah SWT. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Puasa Asyura dapat menghapuskan dosa-dosa setahun yang lalu.” Dengan melaksanakan puasa Asyura, umat Muslim berpeluang besar untuk memperoleh pahala yang besar dan menghapuskan dosa-dosa masa lalu. Ini adalah kesempatan yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya untuk membersihkan diri dan memperbaiki hubungan dengan-Nya.

Baca Juga:  Pentingnya Memiliki Akhlak Terpuji Bagi Orang Beriman

Mengikuti Teladan Nabi Musa AS:

Puasa Asyura juga memiliki kaitan dengan peristiwa bersejarah dalam agama Islam. Pada tanggal 10 Muharram, Nabi Musa AS dan umatnya keluar dari perbudakan Fir’aun di Mesir. Umat Muslim dapat mengikuti teladan Nabi Musa AS dengan berpuasa pada hari ini. Hal ini membawa makna penting dalam memperingati kemenangan atas kezaliman dan meneguhkan tekad untuk melawan segala bentuk tirani dan ketidakadilan.

Menjaga Kesehatan Fisik dan Spiritual:

Puasa Asyura juga memiliki manfaat kesehatan baik secara fisik maupun spiritual. Puasa ini melibatkan puasa sunnah sehari penuh, yang memberikan kesempatan bagi tubuh untuk membersihkan diri dari racun dan zat-zat berbahaya. Puasa juga meningkatkan kesadaran spiritual, memperkuat ketaqwaan, dan membantu umat Muslim mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Menunjukkan Persatuan Umat Muslim:

Puasa Asyura dapat menjadi momen yang memperkuat persatuan umat Muslim. Karena ibadah ini dilakukan pada tanggal yang sama, umat Muslim dari berbagai belahan dunia akan berpuasa bersama-sama. Ini menciptakan ikatan spiritual dan persaudaraan yang kuat di antara mereka. Selain itu, Puasa Asyura juga bisa menjadi kesempatan untuk saling berbagi dan memberikan bantuan kepada sesama yang membutuhkan.

Baca Juga:  Sabun Warisan Peradaban Islam

Mendapatkan Rahmat dan Ampunan Allah SWT:

Puasa Asyura merupakan ibadah yang penuh dengan harapan akan rahmat dan ampunan Allah SWT. Dalam hadis riwayat Abu Qatadah, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa puasa Asyura dapat menghapuskan dosa-dosa satu tahun yang akan datang. Dengan penuh keyakinan dan keikhlasan, umat Muslim yang berpuasa Asyura berharap untuk mendapatkan ampunan dan rahmat dari Allah SWT serta memulai tahun yang baru dengan bersih dan bermakna.

Puasa Asyura memiliki manfaat dan keutamaan yang signifikan bagi umat Muslim. Selain mendapatkan pahala yang besar dan menghapuskan dosa-dosa masa lalu, puasa ini juga mengingatkan umat Muslim akan peristiwa penting dalam sejarah Islam dan mengajarkan nilai-nilai persatuan, kesehatan, dan spiritualitas. Dengan melaksanakan puasa Asyura dengan penuh keikhlasan dan keyakinan, umat Muslim dapat memperoleh rahmat dan ampunan Allah SWT, serta memperkuat hubungan mereka dengan-Nya.

Demikian artikel pendidikan dan kajian Islam tentang Manfaat Puasa Asyura dan Keutamaannya persembahan SODIKIN.ID. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *