Memelihara pengembangan profesional dalam komunitas online

Memelihara pengembangan profesional dalam komunitas online, cara mengatur dan mendukung komunitas - Artikel Pendidikan dan Kajian Islam

SODIKIN.ID – Memelihara pengembangan profesional dalam komunitas online.

Melalui tulisan yang berjudul Memelihara pengembangan profesional dalam komunitas online, saya ingin memberikan beberapa tip dan ide berharga tentang cara mengatur dan mendukung komunitas guru online, menggunakan ‘Edmodo’.

Apakah Anda memiliki beberapa tips atau kegiatan mengajar yang ingin Anda bagikan dengan guru lain? Apakah ada bidang pengajaran yang ingin Anda ketahui lebih lanjut tetapi tidak tahu bagaimana cara melakukannya? Apakah Anda seorang guru yang tinggal jauh dari sekolah Anda dan/atau rekan kerja lainnya? Apakah Anda memiliki staf pengajar yang baru mengenal profesi ini dan sedang mencari dukungan profesional?

Jika Anda telah menjawab ‘YA’ untuk salah satu pertanyaan di atas, maka jawabannya mungkin terletak pada pendirian komunitas pengajaran online. Artikel ini akan membahas bagaimana Anda dapat melakukan hal ini dan pertanyaan-pertanyaan kunci yang perlu dipertimbangkan saat Anda melakukannya. Manfaat menciptakan komunitas pengajaran online juga akan dibahas.

Mengapa komunitas guru online?

Kita semua sangat akrab dengan pemesanan penerbangan liburan secara online, melakukan banyak belanja secara online dan berbagi berita dan foto pribadi dengan keluarga dan teman secara online juga. Bagaimana dengan guru yang berkembang secara online secara profesional juga, dalam komunitas seperti di Edmodo? Bagi Anda yang belum pernah mendengar tentang Edmodo, pada dasarnya ini adalah platform gratis di mana guru dapat dengan mudah membuat dan/atau bergabung dengan grup online untuk berbagi dan mencari dukungan pengajaran. Di grup Edmodo Anda, Anda dapat mengunggah materi pelajaran, bertanya dan membalas pertanyaan pengajaran, dan menulis posting tentang pelajaran hebat yang baru saja Anda ajarkan. Potensinya sangat besar. Faktanya, grup online Anda dapat membuat rak sumber pengajaran yang lengkap dengan menggunakan fitur perpustakaan Edmodo dan ruang staf rekan kerja yang membantu dan berpengetahuan, semuanya online tentu saja!

Baca Juga:  Teknologi Terbaik Menghasilkan Hasil Belajar yang Lebih Baik

Kita dapat belajar dari pengalaman Sarah Priestley saat menggunakan Edmodo. Pengalaman yang ia miliki adalah dengan dua kelompok mahasiswa universitas Inggris yang disponsori oleh British Council Italia dan bekerja sebagai Asisten Bahasa Inggris di sekolah-sekolah di seluruh Italia. Tahun ini ia juga telah membuat grup online untuk guru dari lima sekolah Bilingual yang bekerja sama dengan British Council Italy sebagai bagian dari Layanan Konsultasi yang telah tawarkan. Pengalaman langsung dia, pelajaran yang telah dia pelajari, dan saran berharga yang dia dapatkan dari rekan kerja semuanya berkontribusi pada artikel ini.

Bagaimana cara memulai?

Seperti mengajar pelajaran, pertama-tama Anda harus merencanakan dengan hati-hati. Ini akan melibatkan bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • Apa tujuan memiliki komunitas online ini?
  • Untuk siapa sebenarnya saya membuat ini?
  • Apa yang saya harapkan dilakukan oleh anggota kelompok?

Pada tingkat praktis, Anda ingin memutuskan seberapa sering Anda, pembuat/pengelola grup, akan memposting selama tahap awal utama dan juga tentang apa Anda dan anggota grup dapat memposting pesan. Menjadi sangat jelas tentang tujuan grup online dan harapan Anda terhadap anggota komunitas online sangat penting untuk keberhasilannya.

Bagaimana cara menyebarkan berita tentang komunitas guru online saya?

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan: mengadakan pertemuan tatap muka untuk mempublikasikan dan meluncurkan grup online, mengirim email kepada guru, memasang poster di ruang staf, mendorong guru untuk memberi tahu tiga teman/rekan tentang grup, mengiklankannya dalam buletin guru. Semua calon anggota grup akan memerlukan petunjuk praktis tentang cara masuk dan ada baiknya menetapkan tenggat waktu untuk bergabung juga. Email dan/atau poster yang mengingatkan staf untuk masuk bekerja dengan sangat efektif. Hadiah virtual dan lencana yang diberikan, katakanlah, kepada lima guru pertama yang bergabung juga akan menarik para guru untuk terlibat.

Baca Juga:  Sumber-Sumber Pendapatan Sekolah/Madrasah

Ada tips lain?

Di dunia nyata kita semua tahu aturan etiket sosial tetapi mengingat sifat online komunitas Anda, ada baiknya untuk mengingatkan/menginformasikan anggota Anda tentang perilaku apa yang dapat diterima dan tidak dapat diterima. Ini bisa menjadi kode etik sederhana dan akan membantu menghindari potensi masalah seperti menyinggung anggota melalui sarkasme, melanggar hak cipta (misalnya dengan tidak mengambil bahan ajar) atau masalah perlindungan anak (misalnya mengunggah foto pelajar dan karyanya tanpa izin dari orang tua atau peserta didik).

Seperti kelompok siswa baru pada awal kursus, Anda mungkin perlu mendedikasikan waktu untuk grup online Anda dan mendorong mereka untuk saling mengenal, terutama jika mereka belum pernah bertemu satu sama lain dalam kehidupan nyata. Sebuah posting dari Anda dengan pemecah kebekuan sederhana dapat bekerja dengan sangat baik misalnya

= Advertisement =

Semua orang tolong tulis posting pengantar singkat yang mengatakan siapa Anda, di mana Anda tinggal dan momen mengajar Anda yang paling sukses sejauh ini. Kemudian baca posting dari guru lain ini dan ajukan setidaknya 2 pertanyaan! Tolong lakukan ini pada akhir minggu ini!

Baca Juga:  Urgensi atau Pentingnya Manajemen

Anda dapat melihat bahwa instruksi pemecah kebekuan sangat spesifik dalam apa yang diharapkan dari anggota dan termasuk tenggat waktu. Ini memberikan kelompok tujuan yang jelas tentang apa yang harus dilakukan dan kapan, seperti yang dilakukan guru dalam pelajaran ketika Anda memberikan instruksi untuk tugas.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sepenuhnya terserah Anda dan anggota grup online Anda untuk memutuskan untuk apa grup tersebut akan digunakan. Untuk mendorong partisipasi online pada tahap awal saya telah menemukan bahwa ‘ Guru minggu ini ‘ bekerja dengan baik, di mana saya menominasikan dua guru untuk saling bertanya tiga pertanyaan tentang sekolah/kelas/sumber daya pengajaran mereka atau apa pun yang mereka suka. Ini memungkinkan kita semua untuk mendapatkan wawasan tentang kehidupan profesional orang lain dan belajar dari mereka.

Terakhir, jangan lupa untuk mendapatkan umpan balik dari guru tentang konten apa yang ingin mereka lihat untuk diposting. Edmodo memiliki fungsi polling, yang memungkinkan Anda dengan cepat melakukan polling kepada anggota dan memberi Anda umpan balik langsung. Itu tidak bisa lebih mudah!

Saya harap artikel ini telah menginspirasi Anda untuk mengetahui lebih banyak tentang komunitas guru online dan mungkin bereksperimen dan menyiapkannya. Saya sangat ingin mendengar tentang pengalaman Anda sendiri, jadi bagikan dengan kita semua di sini.

Artikel Pendidikan tentang Memelihara pengembangan profesional dalam komunitas online.

= Advertisement =

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.