Sosial  

5 Kebiasaan Islami dari Muslim yang Sukses, Amati dan Tiru!

5 Kebiasaan Islami dari Muslim yang Sukses, Amati dan Tiru!
5 Kebiasaan Islami dari Muslim yang Sukses [ilustrasi]

sodikin.id5 Kebiasaan Islami dari Muslim yang Sukses, Amati dan Tiru! dibahas dalam artikel berikut ini oleh situs pendidikan dan keislaman melalui kanal Sosial.

Dengan Islam, datang banyak tindakan dan praktik yang membantu kita mencapai potensi penuh kita, baik dalam kehidupan spiritual maupun duniawi. Dengan belajar, mengadopsi, dan menjaga kebiasaan yang berasal dari Al-Qur’an dan Sunnah, kita memastikan bahwa kita menjalani kehidupan yang sukses, dengan izin Allah.

Berikut ini adalah 5 kebiasaan Islami yang diamalkan oleh Muslim yang sukses.

1. Bangun Pagi

Nabi Muhammad SAW berdoa kepada Allah untuk memberkahi umatnya di pagi-pagi mereka: “Ya Allah, berkatilah umatku di pagi-pagi mereka (yaitu apa yang mereka lakukan di pagi hari)” (Sunan Ibn Majah).

Dengan tidak memulai hari kita pagi-pagi, kita melewatkan berkah yang hanya menanti kita jika kita bangun dari tempat tidur. Dan sambil memulai hari kita pagi-pagi itu penting, demikian juga memulainya dengan salat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Allah, Yang Maha Kuasa, berfirman dalam Al-Qur’an:

أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ لِدُلُوكِ ٱلشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ ٱلَّيْلِ وَقُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ إِنَّ قُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat). [ QS. 17:78]

Dan Nabi SAW juga berkata tentang salat subuh:

Baca Juga:  Seniman Muslim kontemporer terus mengadaptasi pola Islam

Nabi (SAW) bersabda, “Dua Rak’ah sebelum salat subuh lebih baik daripada dunia ini dan segala isinya.” (Sahih Muslim)

2. Terus Belajar

Islam memberikan pentingnya besar pada belajar dan mencari ilmu. Wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW memberinya perintah untuk “Iqra!” Nabi (SAW) berkata: “Mencari Ilmu adalah kewajiban bagi setiap Muslim.” (Ahmed)

Tapi bukan hanya belajar yang wajib bagi semua Muslim, itu juga adalah jalan menuju surga. Nabi (SAW) berkata: “Siapa yang mengikuti jalan dalam mencari ilmu, Allah memudahkan jalannya menuju surga.” (Bukhari) Ilmu membantu kita merendahkan diri dan menunjukkan cara yang benar untuk menjalani hidup kita, yang pada gilirannya mengarah pada masyarakat dan umat yang lebih baik.

3. Bertindak

Prokrastinasi adalah penyakit yang memengaruhi hampir semua orang. Ini adalah mentalitas untuk menunda-nunda sampai nanti atau menunggu saat-saat terakhir untuk melakukan tugas penting. Tapi ini merugikan kesuksesan kita di dunia ini dan akhirat. Dengan menunda-nunda, kita tidak mencapai potensi penuh kita dengan tidak menghargai waktu kita. Nabi (SAW) menyatakan, “Seseorang tidak akan maju (pada Hari Kiamat) sampai dia ditanya tentang empat hal: hidupnya dan bagaimana dia menghabiskannya, pengetahuannya dan apa yang dia lakukan dengan itu, kekayaannya, dari mana dia mendapatkannya dan untuk apa dia menggunakannya, dan tubuhnya dan bagaimana dia menggunakannya.”

Baca Juga:  Buku Meluruskan Pandangan Keagamaan Kaum Jihadis, Download di sini

Mereka yang sukses bukanlah mereka yang menunggu sampai “waktu yang tepat” untuk bertindak. Cobalah untuk memeriksa diri Anda sendiri pada akhir setiap hari. Tanyakan pada diri Anda: Apa yang saya lakukan hari ini dan bagaimana saya bisa memperbaiki diri saya besok?

4. Tetap Sehat

Kekuatan kesehatan yang baik tidak boleh dianggap remeh. Dengan kesehatan fisik dan mental yang baik, kita dapat melakukan lebih banyak dengan diri kita. Kita dapat mencapai lebih banyak, beribadah lebih banyak, dan memberi lebih banyak.

Dalam hadis disebutkan bahwa Nabi (SAW) pernah berkata, “Manfaatkan lima sebelum lima: masa muda Anda sebelum usia tua Anda, kesehatan Anda sebelum sakit Anda, kekayaan Anda sebelum kemiskinan Anda, waktu luang Anda sebelum pekerjaan Anda, dan hidup Anda sebelum kematian Anda.” (Shu’ab al-Iman) Jadi, tidak hanya menjaga kesehatan Anda baik untuk Anda dalam jangka panjang, itu juga bentuk ibadah. Luangkan waktu untuk makan dengan sehat, berolahraga secara teratur, dan cukup istirahat untuk memastikan tubuh dan pikiran Anda tetap kuat.

5. Syukur

Apakah Anda tahu bahwa syukur telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kesehatan fisik, psikologis, dan mental, meningkatkan tidur, mengurangi agresi, meningkatkan harga diri, dan membantu Anda tidur lebih baik? Tapi sebelum penelitian-penelitian ini bahkan dilakukan, Allah telah memberi tahu kita untuk bersyukur dalam Al-Qur’an,

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. [ QS. 14:7]

Baca Juga:  Khadijah binti Khuwaylid adalah Cermin Nilai-nilai

Kita hidup di dunia di mana kita terus-menerus membandingkan apa yang kita miliki dengan apa yang dimiliki orang lain. Ini mengarah pada ketidakbersyukuran atas apa yang kita miliki dan persaingan yang tidak perlu, stres, kecemasan, dan depresi. Dengan menyadari berkat kita, menghargainya, bersyukur kepada Allah atasnya, dan mengungkapkan rasa syukur dengan melakukan perbuatan baik, kita tidak hanya mendapatkan pahala dari Allah, kita juga menemukan kedamaian dalam diri kita sendiri dan mempersiapkan diri untuk kesuksesan.

Seperti yang Allah katakan dalam Al-Qur’an,

مَّا يَفْعَلُ ٱللَّهُ بِعَذَابِكُمْ إِن شَكَرْتُمْ وَءَامَنتُمْ وَكَانَ ٱللَّهُ شَاكِرًا عَلِيمًا

Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui. [QS. 4:147]

Demikian artikel tentang 5 Kebiasaan Islami dari Muslim yang Sukses, Amati dan Tiru! yang dibahas dalam artikel ini oleh situs pendidikan dan keislaman melalui kanal Sosial. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *