Islam  

Islam Perintahkan Senantiasa Rendah Hati

islam-perintahkan-untuk-senantiasa-rendah-hati-artikel-pendidikan-dan-keislaman

Islam Perintahkan Senantiasa Rendah Hati – Artikel pendidikan dan Keislaman.

Rendah hati atau tawadu’ merupakan sifat dan akhlak mulia yang wajib dimiliki oleh setiap Muslim bahkan manusia secara keseluruhan.

Dalam Islam, rendah hati merupakan sikap yang sangat dianjurkan, karena dianggap akan mendatangkan banyak manfaat baik di dunia maupun akhirat.

Orang yang rendah hati akan mengetahui bahwa apa saja yang ada pada dirinya merupakan milik Allahﷻ dan datang dari-Nya, termasuk di dalamnya kekayaan, kecerdasan, pangkat dan kedudukan, harkat, martabat bahkan keluarga dan anak keturunan.

وَلِلَّهِ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۚ وَإِلَى ٱللَّهِ تُرْجَعُ ٱلْأُمُورُ

Artinya: “Kepunyaan Allah-lah segala yang ada di langit dan di bumi; dan kepada Allahlah dikembalikan segala urusan.” (QS Ali Imran ayat 109)

Baca Juga:  Raja Salman: Tugas Ulama Mempersatukan Umat

Rasulullah Muhammad ﷺ juga menyebutkan bahwa kerendahan hati merupakan bagian dari iman seorang Muslim. Sikap rendah hati dapat membentengi manusia dari godaan dan jeratan setan. Dan juga, kerendahan hati menghindarkan manusia dari sifat sombong atau takabur.

Rasulullah ﷺ juga menyampaikan bahwa kerendahan hati bisa menjadi pengingat bagi manusia akan kekuasaan Allah ﷻ yang Maha Memiliki segala sesuatu yang ada di dunia ini. Allah juga yang mempunyai sifat Maha Mulia dan Tinggi. Jika manusia menyadari itu maka tidak mudah terlena dengan kenikmatan duniawi yang bersifat semu dan sementara. Manusia juga akan terhindar dari sikap sombong, congkak dan takabur sebagai disebutkan sebelumnya.

وَلَا تَمْشِ فِى ٱلْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّكَ لَن تَخْرِقَ ٱلْأَرْضَ وَلَن تَبْلُغَ ٱلْجِبَالَ طُولًا

Artinya: “Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” (QS Al Isra ayat 37)

وَعِبَادُ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى ٱلْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ ٱلْجَٰهِلُونَ قَالُوا۟ سَلَٰمًا

Artinya, “Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.” (QS Al Furqan ayat 63)

Baca Juga:  Jejak Islam di Spanyol dan Portugal

Ciri-ciri orang rendah hati

Ahmad Kusaeri dalam bukunya, Aqidah Akhlaq, menjelaskan, ciri-ciri orang yang rendah hati adalah:

  1. tidak sombong atau takabur,
  2. mensyukuri kelebihan yang dimiliki,
  3. bersikap santun dan peduli pada semua orang,
  4. tidak suka berbuat riya,
  5. menerima segala nasihat,
  6. mudah bergaul,
  7. dan tidak membeda-bedakan dalam bergaul.

Adapun keutamaan rendah hati adalah, selain mendapat pahala dan rahmat dari Allah ﷻ, juga dapat disenangi oleh banyak orang dan terhindar dari kebencian dan dendam, dan senantiasa bersyukur.

= Advertisement =

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan sikap rendah hati dalam diri adalah dengan meningkatkan kesadaran bahwa semua yang dimiliki hanyalah milik dan juga pemberian Allah ﷻ yang harus disyukuri.

Baca Juga:  Kultum Tentang Harta Yang Memuliakan Dan Menghinakan

Menerapkan sikap rendah hati dapat dimulai di lingkungan terdekat, seperti kepada kedua orang tua, adik-kakak, dan juga teman-teman terdekat. Kecuali itu, perlu juga menarik diri dari pergaulan yang tidak baik dalam rangka menghindari dampak buruk yang tak diinginkan.

Demikian Islam Perintahkan Senantiasa Rendah Hati persembahan Artikel pendidikan dan keislaman.

= Advertisement =

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.