Dalil Akhlak Mukmin Bag. 2

dalil-akhlak-mukmin-bag-2-artikel-pendidikan-dan-keislaman

Dalil Akhlak Mukmin Bag. 2. Berikut ini ayat dan hadits tentang akhlak orang beriman lanjutan. Artikel Pendidikan dan Keislaman menyajikan beberapa saja sebagai kelanjutan dari bagian pertama.

Pertama, Tidak terlalaikan dari mengingat Allah oleh harta dan anak

يَاۤ أَيُّهَا الَّذِينَ اٰمَنُوا لاَ تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلاَۤ أَوْلاَدُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللهِج وَمَنْ يَفْعَلْ ذٰلِكَ فَأُولٰئِۤكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barang siapa yang membuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi.” (QS. Al-Munafiqun : 9)

Dalil Akhlak Mukmin kedua, Tidak terbius angan-angan kosong

وََلأُضِلَّنَّهُمْ وََلأُمَنِّيَنَّهُمْ وََلاٰمُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ اٰذَانَ اْلأَنْعَامِ وََلاٰمُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ اللهِج وَمَنْ يَتَّخِذِ الشَّيْطَانَ وَلِيًّا مِنْ دُونِ اللهِ فَقَدْ خَسِرَ خُسْرَانًا مُبِينًا. يَعِدُهُمْ وَيُمَنِّيهِمْصلى وَمَا يَعِدُهُمُ الشَّيْطَانُ إِلاَّ غُرُورًا .أُولٰئِۤــكَ مَأْوَاهُمْ جَهَنَّمُ وَلاَ يَجِدُونَ عَنْهَا مَحِيْصًا
Direkomendasikan:  Dalil tentang mukmin yang kuat

“dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (merubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka merobahnya. Barang siapa yang menjadikan setan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata. Setan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal setan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka. Mereka itu tempatnya Jahanam dan mereka tidak memperoleh tempat lari daripadanya.” (QS. An-Nisa’ : 119-121)

Dalil Akhlak Mukmin ketiga, Tidak banyak bicara yang melengahkan

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْتَرِي لَهْوَ الْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَنْ سَبِيلِ اللهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَيَتَّخِذَهَا هُزُوًاج أُولٰـۤئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مُهِينٌ. وَإِذَا تُتْلٰى عَلَيْهِ اٰيَاتُنَا وَلَّى مُسْتَكْبِرًا كَأَنْ لَمْ يَسْمَعْهَا كَأَنَّ فِي أُذُنَيْهِ وَقْرًاصلى فَبَشِّرْهُ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ
Direkomendasikan:  Ayat dan Hadits Tentang Larangan Membandingkan Nikmat Dan Memprotes Allah

“Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan perkataan yang tidak berguna untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah tanpa pengetahuan dan menjadikan jalan Allah itu olok-olokan. Mereka itu akan memperoleh azab yang menghinakan. Dan apabila dibacakan kepadanya ayat-ayat Kami dia berpaling dengan menyombongkan diri seolah-olah dia belum mendengarnya, seakan-akan ada sumbat di kedua telinganya; maka beri kabar gembiralah dia dengan azab yang pedih.” (QS. Luqman : 6)

Dalil Akhlak Mukmin keempat, Tidak Suka berbohong

يَاۤ أَيُّهَا الَّذِينَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.” (QS. At-Taubah : 119)

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” (QS. Al-Anfal : 27)

Demikian ayat, hadits, atau Dalil Akhlak Mukmin persembahan artikel pendidikan dan keislaman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini