Tekno  

Hakim AS menolak permintaan Facebook untuk menolak gugatan antitrust FTC

Hakim AS menolak permintaan Facebook untuk menolak gugatan antitrust FTC
Hakim AS menolak permintaan Facebook untuk menolak gugatan antitrust FTC [image by ITNEWS]

Hakim AS menolak permintaan Facebook untuk menolak gugatan antitrust FTC.

Mengatakan kasus harus diizinkan untuk melanjutkan

Seorang hakim AS telah menolak untuk menolak gugatan antimonopoli Komisi Perdagangan Federal terhadap Facebook, mengatakan FTC memiliki kasus yang masuk akal yang harus diizinkan untuk melanjutkan.

Facebook, sekarang Meta Platforms, telah meminta Hakim James Boasberg di pengadilan federal Washington DC untuk menolak gugatan di mana pemerintah meminta pengadilan untuk menuntut agar Facebook menjual Instagram dan WhatsApp.

Pertarungan hukum profil tinggi FTC dengan Facebook merupakan salah satu tantangan terbesar yang telah dibawa pemerintah terhadap perusahaan teknologi dalam beberapa dekade, dan diawasi ketat karena Washington bertujuan untuk mengatasi kekuatan pasar Big Tech yang luas.

Baca Juga:  Cara Menjaga Tangan Tetap Hangat Tanpa Sarung Tangan Ala militer Amerika

“Pada akhirnya, apakah FTC akan dapat membuktikan kasusnya dan menang pada penilaian ringkasan dan persidangan adalah dugaan siapa pun. Pengadilan menolak untuk terlibat dalam spekulasi semacam itu dan hanya menyimpulkan bahwa pada tahap mosi-untuk-pemecatan ini, di mana tuduhan FTC diperlakukan sebagai benar, agensi telah menyatakan klaim yang masuk akal untuk bantuan, “tulis Boasberg.

FTC awalnya menggugat Facebook selama pemerintahan Trump sebelumnya, dan keluhannya ditolak oleh pengadilan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Agensi mengajukan keluhan yang diubah pada bulan Agustus, menambahkan rincian lebih lanjut tentang tuduhan perusahaan media sosial menghancurkan atau membeli saingan dan sekali lagi meminta hakim untuk memaksa perusahaan untuk menjual aplikasi berbagi foto Instagram dan aplikasi perpesanan WhatsApp.

Baca Juga:  Algoritma Optimalisasi Robot untuk Tugas di Ruang Manufaktur yang Komplek

Dalam putusannya yang menyangkal pemecatan, hakim, bagaimanapun, mengatakan bahwa FTC tidak dapat menekan tuduhan bahwa Facebook menolak untuk mengizinkan izin interoperabilitas dengan aplikasi yang bersaing sebagai cara untuk mempertahankan dominasinya, mengatakan kebijakan tersebut telah ditinggalkan pada tahun 2018 dan penegakan kebijakan terbaru Facebook bahkan lebih tua.

Meta mengatakan bahwa pihaknya yakin perusahaan akan menang di pengadilan.

“Keputusan hari ini mempersempit ruang lingkup kasus FTC dengan menolak klaim tentang kebijakan platform kami. Ini juga mengakui bahwa agensi menghadapi ‘tugas tinggi’ yang membuktikan kasusnya mengenai dua akuisisi yang dibersihkan bertahun-tahun yang lalu,” kata seorang juru bicara dalam sebuah pernyataan email.

Tetapi Boasberg setuju dengan FTC bahwa ketua Lina Khan, yang memilih untuk mengajukan keluhan yang diubah terhadap Facebook, seharusnya tidak dipaksa untuk mengundurkan diri, mengatakan bahwa perannya kurang dari seorang hakim dan lebih seperti jaksa.

Baca Juga:  NASA Memotret Gambar Detil dari Pusat Bima Sakti

“Meskipun Khan tidak diragukan lagi telah menyatakan pandangan tentang kekuatan monopoli Facebook, pandangan ini tidak menyarankan jenis ‘kapak untuk menggiling’ berdasarkan permusuhan pribadi atau konflik kepentingan keuangan yang telah mendiskualifikasi jaksa di masa lalu,” tulis Boasberg.

Artikel Pendidikan memberitakan Hakim AS menolak permintaan Facebook untuk menolak gugatan antitrust FTC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *