Islam  

Pengertian Fasiq dan Tanda-Tandanya

pengertian fasiq dan tanda-tandanya

Pengertian Fasiq dan Tanda-Tandanya artikel yang dibahas saat ini. Silahkan baca dan cermati dengan baik. Pembahasan ini meliputi: pengertian, pembagian, tanda-tanda atau indikator, dan hadits seputar fasik.

Berikut ini pembahasannya:

Pengertian Fasiq

Terminologi fasiq atau al-fisq diantaranya disebutkan dalam beberapa pendapat. Diantaranya dituangkan dalam tulisan ini, yaitu:

‌الفسق ‌هو المعصية وهو الخروج عن الطاعة (موسوعة العلامة الإمام مجدد العصر محمد ناصر الدين الألباني)

Kefasikan adalah Kemaksiatan, yaitu meninggalkan ketaatan kepada Allah SwT.

‌الفسق: ‌هو الخروج عن أمر اللَّه (تفسير الماتريدي (تأويلات أهل السنة) – أبو منصور الماتريدي)

Kefasikan adalah tidak melaksanakan perintah Allah SwT.

‌الفسق: ‌هو الخروج عن طاعة الله وعن طريق الحق (دَرْجُ الدُّرر في تَفِسيِر الآيِ والسُّوَر – أبو بكر عبد القاهر بن عبد الرحمن بن محمد الفارسي)

Kefasikan adalah meninggalkan ketaatan kepada Allah SwT dan jauh dari jalan kebenaran.

‌الفاسق ‌هو الخارج عن الطاعة.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Orang fasik adalah orang yang meninggalkan ketaatan kepada Allah SwT.

Baca Juga:  Sabun Warisan Peradaban Islam

Baca Juga: SYARAT DAN KRITERIA CALON PEMIMPIN

Pembagian Fasiq

Pembagian fasiq didasarkan kepada keterangan Syaikh Al-Utsaimin dalam kitan Syarh al-Aqidah al-Wasitiyah. Al-Utsaimin membagi fasik menjadi dua, yaitu fasik akbar dan fasik asghar. Fasik akbar berdampak pada keluarnya seseorang dari Islam. Sementara fasiq asghar tidak mengeluarkan pelakunya dari Islam.

والفسق ينقسم إلى فسق أكبر مخرج عن الإسلام، ومنه قوله تعالى: {وَأَمَّا الَّذِينَ فَسَقُوا فَمَأْوَاهُمُ النَّارُ} [السجدة: 20]، وفسق أصغر ليس مخرجًا عن الإسلام (شرح العقيدة الواسطية – محمد بن صالح بن محمد العثيمين)

Kefasikan dibagi menjadi dua, yaitu (1) kefasikan besar yang bisa mengeluarkan pelakunya dari Islam. “dan Adapun orang-orang yang fasik maka tempat kembalinya adalah neraka (QS. As-Sajdah : 20)” Dan (2) kefasikan kecil yang tidak sampai mengeluarkan pelakunya dari Islam.

Baca Juga:  Mentaati Rambu Lalu Lintas

Tanda-tanda fasiq

Tentang indikasi fasiq dapat dilihat diantaranya seperti yang disebutkan dalam QS. Al-Baqoroh ayat 26 – 27. Firman Allah :

وَمَا يُضِلُّ بِهِ إِلا الْفَاسِقِينَ ‌‌(26) الَّذِينَ يَنْقُضُونَ عَهْدَ اللَّهِ مِنْ بَعْدِ مِيثَاقِهِ وَيَقْطَعُونَ مَا أَمَرَ اللَّهُ بِهِ أَنْ يُوصَلَ وَيُفْسِدُونَ فِي الأرْضِ أُولَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ (27)

Tetapi tidak ada yang Dia sesatkan dengan (perumpamaan) itu selain orang-orang fasik, (Yaitu) orang-orang yang melanggar perjanjian Allah setelah (perjanjian) itu diteguhkan, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah untuk disambungkan dan berbuat kerusakan di bumi. Mereka itulah orang-orang yang rugi. (QS. Al-Baqoroh: 26-27)

Hadits seputar fasiq

Hati-hati dengan kebiasaan menghina, merendahkan, dan pembunuhan karakter terhadap sesama muslim. Semua itu termasuk tindakan fasiq. Hal ini tertuang dalam sebuah hadits seperti berikut ini:

عن عبد الله بن مسعود قال: قال رسول الله: «سباب المسلم فسوق وقتاله كفر» في الصحيحين

Dari Abdullah bin Mas’ud ra. dia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Penghinaan terhadap sesame muslim adalah kefasikan dan menghilangkan nyawanya adalah kekafiran” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga:  Puasa Ramadhan Menjauhkan Diri dari Kebencian

Demikian kajian ringkas seputar Pengertian Fasiq dan Tanda-Tandanya.

+++++++++

Kalimat serupa:
pengertian fasiq, pengertian fasik dalam islam, pengertian fasik menurut islam, arti fasik menurut islam, makna fasik menurut islam, definisi fasik,

+++++++++

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *