Sekolah dasar harus mendorong hidup sehat sejak dini

Sekolah dasar harus mendorong hidup sehat sejak dini. Berperan penting dalam mendidik siswa - Artikel Pendidikan dan Kajian Islam
Tangkapan layar—Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, dalam seminar online Gerakan Nasional 2022 (Gernus 2022) yang dilanjutkan dari Jakarta, Kamis (4 Agustus 2022).

Artikel Pendidikan (Sodikin.ID) – Sekolah dasar harus mendorong hidup sehat sejak dini.

Sekolah dasar dapat berperan penting dalam mendidik siswa tentang perilaku hidup sehat sejak dini, kata Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim.

“Saya yakin anak-anak akan bisa belajar dengan optimal jika nutrisinya terpenuhi dengan baik,” tambahnya saat seminar online tentang Gerakan Nasional 2022 (Gernus 2022), yang diikuti dari Jakarta, Kamis.

Kampanye literasi gizi penting dilakukan, terutama di tengah upaya Indonesia untuk pulih dari pandemi COVID-19, ujarnya.

Literasi gizi penting dilakukan mengingat anak-anak sudah mulai kembali bersekolah, sehingga peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang dan pola hidup aktif harus didorong secara optimal dan berkelanjutan.

Baca Juga:  Dukung guru dengan pengajaran online selama COVID-19

Saat ini, semua sekolah memiliki unit kesehatan sekolah (UKS) untuk melakukan pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat kepada siswa. Unit-unit tersebut dijalankan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah-sekolah, kata menteri.

“Selain itu, kementerian juga akan meluncurkan program ‘Sekolah Sehat’ yang mengutamakan kerjasama lintas sektoral dalam penyediaan makanan sehat di sekolah dan pelaksanaan kegiatan olahraga rutin bagi siswa,” katanya.

Makarim juga mengapresiasi pihak swasta yang secara konsisten menginisiasi dan menjalankan program Gerakan Nusantara yang mengutamakan pendidikan gizi bagi guru dan siswa di seluruh Indonesia.

Melalui inisiatif pihak swasta, diharapkan program tersebut dapat menciptakan satuan pendidikan yang sehat, aman, dan nyaman bagi seluruh warga sekolah, khususnya siswa, ujarnya.

Baca Juga:  LPTK Harus Masuk dalam RUU Sistem Pendidikan Nasional

“Saya berharap semua elemen dari pemerintah, swasta, dunia pendidikan, hingga orang tua dapat lebih memperkuat kerjasama untuk membangun sekolah yang sehat dan mewujudkan cita-cita belajar mandiri,” tambahnya.

Artikel Pendidikan tentang: Sekolah dasar harus mendorong hidup sehat sejak dini.

= Advertisement =
= Advertisement =

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.