Sodikin Masrukin Pemerhati pendidikan, sosial-budaya dan kajian Islam yang tinggal di Kab. Purbalingga. Adalah alumnus IAIN Semarang (S1) dan IAIN Purwokerto (S2).

Bahaya Pinjaman Online Meski Ada Manfaatnya

Bahaya Pinjaman Online Meski Ada Manfaatnya. Dewasa ini, transaksi jual beli online memang sedang marak di internet. Ada begitu banyak toko dan penyedia jasa yang dapat kita temukan di internet. Selain jual beli online, juga ada yang namanya pinjaman online.

Pinjaman online adalah sebuah pelayanan online yang sedang marak diberitakan akhir-akhir ini. Pinjaman online ini memiliki keuntungan dan resiko yang harus kita pahami. Jika kita tidak berhati-hati, tentu meminjam uang dengan sistem online ini akan sangat merugikan.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membedah bahaya pinjaman online yang marak di internet yang bahkan terkadang ditawarkan melalui smartphone. Ada beberapa manfaat dan bahaya pinjaman online yang ada sekarang ini. Namun sebelum itu, kita perlu tahu apa itu pinjaman online dan bagaimana sistem peminjamannya.

Pinjaman online dan bagaimana sistemnya berjalan

Sebelum membahas tentang Bahaya Pinjaman Online, ada baiknya kita memahami bagaimana sistem pinjaman online yang marak di internet. Seperti namanya, pinjaman online adalah aktifitas peminjaman dana yang dilakukan melalui internet. Ada beberapa penyedia jasa pinjaman online di internet, tentu saja Anda harus memenuhi beberapa syarat dari pemberi pinjaman seperti identitas asli, nomor rekening dan lainnya. Untuk pengiriman pinjaman, penyedia jasa akan mentransfer pinjaman langsung ke rekening Anda. Selain itu, jumlah uang yang bisa dipinjam juga menyesuaikan dengan penghasilan Anda perbulannya.

Manfaat Pinjaman Online

Pinjaman dana online tentu memiliki beberapa manfaat, diantanya:

1. Proses Peminjaman yang Cepat dan Mudah

Seperti kebanyakan sistem transaksi online, peminjaman online ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Setelah Anda mengisi biodata dan persyaratan lainnya, dana pinjaman akan dikirimkan kurang lebih 24 jam. Namun, ada juga yang baru bisa mencairkan dana dalam kurun waktu 3 hari.

2. Tidak menghabiskan waktu dan tenaga

Pinjaman offline bisanya mengharuskan Anda membawa fotokopi dokumen atau dokumen asli, tentu sistem ini akan menyulitkan Anda yang sedang berada di luar kota atau pulau. Berbeda dengan pinjaman offline, persyaratan pinjaman online bisa dikirim dalam bentuk scan ktp dan dokumen-dokumen lainnya. Selain itu, pengiriman scan dokumen juga lebih murah dan tidak ada resiko kehilangan dokuman.

3. Beragam alternatif pinjaman

Para pemberi pinjaman online umunya sudah menyiapkan beberapa pilihan bagi nasabahnya, seperti: kredit non-bank, KTA Bank dan P2P lending. Oleh karena itu, pilihlah jenis pinjaman yang paling sesuai dengan Anda. Kalau bisa, pilihlah pinjaman yang paling kecil bunganya. Memilih pinjaman dengan bunga kecil adalah langkah awal untuk meminimalisir resiko yang mungkin akan muncul di kemudian hari.

Selain manfaatnya, kita tidak boleh melupakan bahaya pinjaman online yang sangat mungkin akan menjebak dan merugikan Anda di kemudian hari.

Bahaya Pinjaman Online

Bahaya Pinjaman Online yang banyak ditawarkan di internet, antara lain:

1. Bunga yang sangat tinggi

Bahaya Pinjaman Online yang pertama adalah bunganya yang teramat tinggi. Pinjaman online tentu akan menggunakan sistem bunga yang juga menguntungkan mereka, tapi bunga dari pinjaman online ini bisa sangat tinggi. Bahkan ada beberapa pemberi pinjaman yang bunganya bisa mencapai 2% perhari. Oleh karena itu, kita disarankan untuk memilih jasa pemberi pinjaman yang paling kecil bunganya, seperti yang telah disebutkan di awal.

2. Data Anda Mungkin Bisa Diretas

Satu hal lagi bahaya pinjaman online yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan peminjaman adalah keamanan data Anda. Jika Anda meminjam secara online dari bank, mungkin keamanan data Anda bisa lebih terjamin karena pihak bank biasanya sudah memiliki sistem keamanan paling tinggi.

Akan tetepi, jika Anda meminjam uang dari penyedia pinjaman online non-bank, ada kemungkinan data Anda akan diretas. Oleh karena itu, pastikan Anda meminjam dari lembaga atau institusi yang terpercaya.

Penutup bahasan tentang Bahaya Pinjaman Online

Itulah beberapa manfaat dan bahaya pinjam online yang marak di internet. Anda boleh meminjam secara online, namun pastikan Anda meminjam dari pihak yang benar sehingga tidak berdampak pada Anda yang merasa terjebak dan tercekik hutang. Semoga artikel tentang keuntungan dan bahaya peminjaman online ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Sodikin Masrukin Pemerhati pendidikan, sosial-budaya dan kajian Islam yang tinggal di Kab. Purbalingga. Adalah alumnus IAIN Semarang (S1) dan IAIN Purwokerto (S2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *