Merdeka Belajar: Masyarakat harus saling membantu mewujudkannya

Merdeka Belajar: Masyarakat harus saling membantu mewujudkannya. belajar dengan senang hati, berkreasi - Artikel Pendidikan dan Kajian Islam
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim di Jakarta, Rabu (17 Agustus 2022).

Sodikin.idMerdeka Belajar: Masyarakat harus saling membantu mewujudkannya .

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim pada peringatan HUT RI ke-77 di Jakarta, Rabu, mengimbau masyarakat Indonesia, khususnya tenaga pendidikan, untuk terus saling membantu mewujudkan Merdeka Belajar.

Peringatan HUT RI ke-77 mengusung tema “Pulihkan Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Menurut Makarim, semangat ini dibuktikan melalui peran besar kementeriannya dalam menggalang kerjasama global untuk saling membantu memulihkan dan menghidupkan kembali sistem pendidikan melalui kepresidenan G20.

Indonesia telah menunjukkan kepada dunia bahwa proses pembelajaran di negara ini lebih mendukung siswa, katanya.

Selain Merdeka Belajar, kementerian juga memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi saat mengajar melalui platform Kurikulum Merdeka dan Merdeka Mengajar, tegasnya.

Baca Juga:  Perencanaan Anggaran Pembiayaan Sekolah/Madrasah

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Selain itu, program lain yang dilaksanakan oleh kementerian untuk memperluas akses pendidikan berkualitas, seperti melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan berbagai program dukungan siswa.

Apalagi, Kementerian telah menggulirkan Program Kampus Merdeka untuk mencetak generasi muda yang terlatih untuk bekerja di dunia bisnis.

Di bidang kebudayaan, Menkeu melalui forum G20 mendorong negara-negara di dunia untuk memberikan dukungan dana kepada seniman dan pelaku budaya untuk menginspirasi karya-karya terbaiknya, terutama di masa pascapandemi.

“Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari terobosan warisan budaya dan platform budaya pertama di Indonesia yang telah kami luncurkan dan telah memberikan banyak manfaat bagi pelaku budaya kami,” jelasnya.

Makarim mencatat, terobosan-terobosan tersebut merupakan segmen kecil dari Merdeka Belajar yang saat ini mencapai 21 episode.

Baca Juga:  Urgensi atau Pentingnya Manajemen

Kementerian akan mengungkap lebih banyak episode Merdeka Belajar sehingga setiap anak di Indonesia dapat merasakan kebebasan yang sebenarnya, katanya.

Kebebasan sejati ini berarti bisa belajar dengan senang hati, berkreasi tanpa hambatan, dan menyongsong masa depan dengan berani sebagai anak bangsa, ungkapnya.

Sodikin.id – Artikel Pendidikan dan Kajian Islam tentang: Merdeka Belajar: Masyarakat harus saling membantu mewujudkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *