Islam  

Rahasia Jaring Laba-Laba di Mulut Gua Tsur

rahasia-jaring-laba-laba-yang-lindungi-rasulullah-abu-bakar-di-gua-tsur

Rahasia Jaring Laba-Laba yang Lindungi Rasulullah SAW dan Abu Bakar di Gua Tsur. Kisah Rasulullah SAW yang memperoleh berbagai perlindungan dari Allah selama perjalanan menuju Madinah, banyak tertulis di berbagai kitab sejarah (sirah). Salah satu yang sangat fenomenal adalah bagaimana laba-laba dan dua burung merpati yang atas kehendak Allah melindungi Rasulullah ketika bersembunyi di Gua Tsur.

Sangat menarik dan unik. Untuk memberikan perlindungan kepada Rasul dan Abu Bakar, Allah tidak membutuhkan sesuatu yang kuat dan kokoh. Allah hanya mencukupkan dengan sesuatu yang lemah, jaring laba-laba. Dalam Musnad Imam Ahmad dikisahkan dari riwayat Ibn Abbas RA, saat kafir Qurais membangun konspirasi untuk membunuh Rasul, tetapi tidak berhasil dan hanya menjumpai Ali bin Abi Thalib, maka mereka mengadakan pengejaran.

Baca Juga:  Jangan Menunda Infaq, Wahai Saudaraku!

Atas petunjuk Allah SWT yang diberikan melalui malaikat Jibril, Rasulullah SAW masuk ke dalam Gua Tsur. Kafir Quraisy menyisir setiap jalan menuju Madinah. Tibalah mereka di mulut Gua Tsur yang menjadi tempat persembunyian Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar.

Baca juga: Sabun Warisan Peradaban Islam

Allah mengetahui segalanya. Sehingga mempersiapkan pertolongan untuk Nabi dan Abu Bakar. Sebelum orang-orang kafir Quraisy datang, Allah menyuruh laba-laba membuat jaring-jaring di mulut Gua Tsur dan dua pasang merpati bersarang tepat di depan gua. Kondisi itu membuat komandan kafir Quraisy tidak menyangkan jika Nabi dan Abu Bakar sembunyi di dalamnya. “Bila Muhammad bersembunyi di dalam gua ini, tidak mungkin ada sarang laba-laba di mulut gua,” teriak pemimpin pengejaran dari kafir Quraisy

Baca Juga:  Inti Ajaran Al-Baqoroh 183

Di dalam gua yang berada di Jabal Tsur inilah Rasulullah SAW dan Abu Bakar selama tiga hari tiga malam berlindung.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kisah Jaring Laba-Laba yang Lindungi Rasulullah SAW dan Abu Bakar di Gua Tsur dinukilkan dari banyak kitab hadis dan sejarah. Ada kitab Mushannaf-nya Abd ar-Razzaq, Musnad Abu Bakar as-Shiddiq oleh Abu Bakar al-Maruzi, dan at-Thabrani dalam kitab al-Mu’jam al-Kabir.

Syamsuddin as-Safiri melalui kitab al-Majalis al-Wa’dhiyah menjelaskan rahasia di balik diutus laba-laba Allah SWT untuk membuat sarangnya tepat di mulut gua Tsur.

Baca juga: Kultum Menyambut Tahun Baru

Menurutnya, rahasia jaring laba-laba merupakan bentuk perlindungan yang diberikan Allah kepada Rasul-Nya dari ancaman pembunuhan kafir Quraisy. Perlindungan yang diberikan sangat satir karena hanya berwujud sarang laba-laba yang lemah. “Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.(QS al-Ankabuut : 41).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *