Senjata Laser Lintas Udara Tiongkok

Senjata Laser Lintas Udara Tiongkok Akan Mengubah Dogfighting Forever. Laser yang terbawa melalui udara dapat digunakan secara ofensif atau defensif.

Militer China sedang meminta calon pemasok untuk senjata laser udara yang baru. Pemberitahuan di situs web pemerintah mengundang kontraktor pertahanan untuk memberikan informasi tentang pod serangan laser udara. Tergantung pada tingkat kekuatannya, pod dapat digunakan untuk mempertahankan pesawat yang bersahabat dari ancaman rudal yang masuk atau menghancurkan pesawat musuh dan target darat. Senjata laser adalah revolusi berikutnya dalam peperangan udara dan bisa membuat pertempuran anjing menjadi usang.

Menurut South China Morning Post, weain.mil.cn, situs resmi pengadaan senjata dan peralatan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) menerbitkan dua permohonan kepada kontraktor, satu berjudul, “rencana pengadaan pod serangan laser udara” dan yang lainnya “Permintaan harga mengenai rencana pengadaan untuk mengendalikan modul perangkat lunak dari platform serangan laser.” Permohonan itu, ditandai rahasia, mengundang perusahaan pertahanan China untuk mengajukan penawaran untuk mengembangkan barang-barang itu. Pentagon menggunakan sistem serupa untuk mendapatkan senjata, peralatan, dan teknologi lainnya.

senjata-laser-lintas-udara-tiongkok-2
J-15 fighters on the deck of China’s first aircraft carrier, Liaoning, 2017. Gambar oleh: AFP Contributor / Getty Images

Pod laser udara akan dipasang pada pesawat tempur Cina seperti pesawat tempur berbasis kapal induk “Flying Shark” Shenyang J-15, pesawat tempur berat “Mighty Dragon” J-20, dan pesawat pendukung seperti transportasi berat Xi’an Y-20. Penggunaannya akan tergantung pada jumlah daya yang tersedia. Sebagai contoh, laser dengan daya yang lebih rendah dapat digunakan untuk menonaktifkan atau menembak jatuh rudal udara-ke-udara yang mengancam pesawat. Bergantian, mereka bisa membutakan pilot musuh dalam jangkauan visual. Senjata berkekuatan tinggi dapat merusak dan bahkan menghancurkan pesawat terbang atau rudal balistik yang lebih besar.

Baca juga: Drama Sebelum dan Setelah Melihat Aircraft Carrier China Pertama setelah membaca Berita Sain dan Teknologi seputar Senjata Laser Lintas Udara Tiongkok Akan Mengubah Dogfighting Forever.

Angkatan Udara A.S. telah menyatakan minatnya pada senjata laser. Layanan ini ingin menempatkan laser pod bela diri pada Stratotankers KC-135. Meskipun KC-135 mengeluarkan sekam dan suar untuk radar palsu dan rudal yang dipandu inframerah, pesawat dan lainnya seperti itu tidak memiliki sistem “pertahanan aktif” yang mampu menembak jatuh rudal yang masuk. Komando Operasi Khusus Angkatan Udara tertarik untuk menempatkan senjata laser pada AC-130U “Spooky”, memberikan arsenal terbang cara untuk menghancurkan atau melumpuhkan target di darat tanpa menggunakan senjata atau rudal.

Layanan ini juga tertarik pada pod laser ofensif untuk jet tempur, termasuk F-35. Laser yang dilengkapi fighter mungkin akan mewakili cara laser yang paling mendalam akan mengubah perang udara. Senjata yang cukup kuat untuk merusak atau menghancurkan pesawat musuh lain akan menjadi lawan jarak dekat yang menghancurkan. Pod laser akan menggantikan senjata energi kimia seperti F-35’s GAU-22 / A dan rudal jarak pendek seperti AIM-9X Sidewinder yang dipandu inframerah.

senjata-laser-lintas-udara-tiongkok-3
Xi’an Y-20 transport. Gambar oleh: Power Sport Images / Getty Images

Laser tidak terpengaruh oleh masalah senjata pesawat tradisional, termasuk akurasi dan dispersi senjata karena angin dan gravitasi. Laser akan terbang sangat lurus, menabrak apa pun yang dilaluinya. Laser juga dapat diaktifkan oleh generator onboard, secara teoritis menyediakan energi yang cukup untuk jumlah tembakan yang tidak terbatas. F-35A, di sisi lain, hanya membawa 182 putaran untuk GAU-22A, cukup untuk hanya beberapa detik api.

Baca juga: Mobil Buatan Sony Yang Penuh Teknologi

Senjata laser juga akan menjadi peningkatan atas rudal udara-ke-udara jarak pendek. Rudal yang dipandu dengan inframerah perlu mengunci tanda tangan panas pesawat musuh untuk melakukan intersep yang berhasil. Laser bisa dengan mudah menargetkan apa pun yang dilihat pilot. Laser kebal terhadap tindakan pencegahan yang ada dan tidak bisa dibodohi mengikuti umpan. Laser bergerak dengan kecepatan cahaya, membuatnya mustahil untuk dihindari.

Dengan kata lain, laser bisa membuat banyak aspek usang dogfighting udara-ke-udara. Ini bisa membuat perkelahian anjing itu sendiri menjadi usang, karena seorang pejuang dengan laser pod dapat menghancurkan pesawat musuh dalam jangkauan, secara instan dan tanpa perlu tembakan lanjutan. Pejuang akan dipaksa untuk mencari dan menghancurkan satu sama lain dari luar jangkauan visual sementara berusaha untuk tetap berada di luar jangkauan laser. Selama bertahun-tahun, angkatan udara telah mengantisipasi akhir dari pertempuran udara — laser akhirnya dapat mengakhiri latihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here